Home » 10 Wisata di Ujung Kulon Terbaik Yang Sayang Untuk Dilewatkan

10 Wisata di Ujung Kulon Terbaik Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Berbicara tentang wisata di Indonesia, memang tidak ada habisnya. Setiap sudut Negara ini selalu memiliki cerita dan tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari wisata alam, sejarah hingga wisata edukasi pasti tersedia disetiap daerah, tidak terkecuali di Ujung Kulon.

Wisata di Ujung Kulon Terbaik
Wisata di Ujung Kulon Terbaik foto by mldsport.com

Nah, selain kawasan Taman Nasional Ujung Kulon yang sudah terkenal, ternyata Ujung Kulon memiliki banyak wisata lain yang sayang untuk dilewatkan. Penasaran? Nah berikut kami bagikan referensi obyek wisata di ujung kulon atau kawasan paling barat pulau Jawa yang menarik untuk dijadikan tujuan berlibur.

Beragam Destinasi Wisata di Ujung Kulon yang Sayang Dilewatkan

Pulau Peucang, Pulau Favorite Wisatawan

Tempat wisata pertama yang akan dibahas merupakan pantai yang aling populer diantara wisatawan. Pulau yang berada di seberang barat pulau Jawa ini memiliki hamparan pasir putih yang halus serta air yang jernih dan tenang. Meskipun banyak dikunjungi, pulau ini termasuk pulau yang bersih dari sampah karena pemerintah benar benar mengelola tempat ini dengan baik.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Pulau Peucang Ujung kulon (@pulaupeucang) on


Di pulau peucang ( baca : pucang) ini, sudah banyak tersedia akomodasi dan tempat penginapan bagi para pengunjung yang ingin menginap. Berbagai fasilitas juga telah tersedia di kawasan wisata ini seperti tempat makan dan pembelian oleh oleh. Meskipun begitu, kawasan ini masih sangat alami sehingga anda bisa jadi akan menemui beberapa satwa liar seperti tupai dan berbagai burung di lingkungan penginapan. Kegiatan favorit para pengunjung disini adalah menyaksikan sunset, tracking ke Karang Copong, snorkeling hingga diving.

Menikmati Rimba Alami di Pulau Panaitan

Pulau panaitan terletak di sebelah barat semenanjung Taman Nasional Ujung Kulon yang berposisi di selat sunda dan cukup dekat dengan Pulau Sumatera. Pulau yang luasnya sekitar 17.000 hekar ini tentunya sayang untuk dilewatkan. Perbukitan yang mengelilingi pulau ini terbentuk dari kombinasi hutan bakau, hutan pantai dan hutan hujan yang tentunya membuat suasana rimba alami yang menenangkan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PANDEGLANG-BANTEN (@visitpandeglang) on

Selain snorkeling dan diving, lokasi favorit pengunjung adalah reruntuhan arca Ganesha dan benda benda bersejarah lain yang terdapat di sekitar pulau. Dengan ombak yang lebih tinggi, anda juga bisa melakukan selancar disini. Hanya saja, anda tidak bisa menginap di pulau ini karena belum ada yang menyediakan fasilitas hotel atau penginapan.

Berada Dekat dengan Satwa Liar di Padang Rumput Cidaon

Kegiatan outdoor wild watching dapat anda lakukan di Padang Rumpurt Cidaon karena disini, terdapat berbagai satwa liar yang hidup di Taman Nasional Ujung Kulon untuk mencari makanan. Satwa yang biasa terlihat adalah sapi, banteng, kerbau dan jika beruntung, anda bisa melihat burung merak. Untuk melakukan wild watching anda tetap harus menyewa pemandu ya, demi keselamatan. Biasanya, kegiatan ini akakan sangat menyenangkan untuk dilakukan di sore hari karena view sunset akan tampak indah dari tempat ini.

Pulau Oar, keindahan ombak tenang

Pulau Oar memang pulau yang sangat kecil. Untuk mengelilingi pulau ini, anda hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit. Namun untuk keindahannya jangan pernah diragukan. Pulau ini memiliki pasir yang putih bersih, ombak yang tenang dan air yang jernih. Jika anda datang di siang hari yang cerah, paduan warna biru langit, biru laut dan pasir putih akan berpadu dengan indah. Pulau ini masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon dan dapat diakses denga menyebrang dari Desa Sumur hanya dalam waktu 10 menit.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Pulau Oar (@pulauoar) on

Berpetualang di Pulau Handeleum

Pulau di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon selanjutnya adalah Pulau Handeleum. Pulau ini sering dijadikan tujuan para wisatawan yang hobi berpetualang.

Pulau yang memiliki luar sekitar 220 hektar ini menjadi rumah bagi banyak satwa liar seperti ular phyton dan rusa hutan. Pulau handeleum ini terletak diantara pulau pulau kecil di ujung timur laut pantai Ujung Kulon.

Keunikan dari pulau ini adalah adanya sungai yang membelah pulau sehingga sering digunakan untuk mengendarai kano (sampan) atau canoing oleh pengunjung.

Jalur Tracking menantang di Gunung Honje

Selain bermain di pantai suatu pulau di Ujung Kulon, Gunung Honje juga populer diantara wisatawan karena jalur pendakiannya yang menantang.

Gunung ini memiliki luas sekitar 19.500 hektar dan dikelilingi oleh 20 desa di bawahnya. Desa yang sering dijadikan gerbang atau pos utama untuk jalur pendakian adalah desa Tamanjaya.

Di desa tamanjaya sendiri terdapat desa nelayan Cibuana, Curung Pipanis, sumber air panas dan juga viewing owa jawa di curug cikacang.

Biasanya, wisatawan akan menghabiskan waktu mereka untuk berkeliling terlebih dahulu sebelum mulai pendakian. Desa ini juga sudah menyediakan berbagai fasilitas seperti penginapan, toilet dan tempat makan.

Permata Bahari Banten, Pulau Umang

Jika anda sudah pergi ke pulau Oar, pemandangan dari pulau Umang tidak akan terhindarkan. Pulai yang satu ini memang terletak bersebelahan dengan pulau Oar.

Pulau ini menawarkan pasir pantai yang bersih dan lembut, airnya jernih dan ombaknya sangat tenang sehingga aman membawa anak kecil kemari. Pulau ini terletak di Desa Sumberjaya Kabupaten Pandeglang.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Umang Island Resort Hotel (@pulau_umang) on

Pulau Tidak Berpenghuni yang Indah, Pulau Badul

Ketika anda berpergian di Taman Nasional Ujung Kulon, terasa kurang jika belum mengunjungi Pulau Badul. Pulau yang tidak terlalu besar ini memiliki pemandangan taman bawah laut yang mempesona. Hanya saja, anda tidak bisa menginap di pulau ini karena pulau ini tidak berbenghuni loh.

Beberapa pedagng akan datang di pagi hari dan pulang pada sore harinya, meskipun tidak ber[enghuni, pulau ini memiliki arus yang sedikit kuat. Yang diizinkan berenang di kawasan ini hanya perenang yang handal karena kegiatan menyelah dapat merusak karang dan membahayakan pengunjung.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Pulau Badul (@pulaubadul) on

Pantai Ciputih di Ujung Bara Pulau Jawa

Pantai ini merupakan pantai yang mudah ditemukan karena dekat dengan jalan utama Banten

Karena pantai ini sudah sangat terkenal diantara wisatawan, pantai ini telah memiliki fasilitas wisata yang lekap seperti resort, penginapan hingga rumah makan

Ombak di pantai ini cenderung landai sehingga anak anak juga akan aman bermain di pantai ini.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ExplorePandeglang (@explorepandeglang) on

Mengendarai Sampan di Sungai Cigenter

Wisata terakhir yang akan diulas adalah Sungai Cigenter. Sungai ini merupakan sungai yang membelah pulau Handeleum tadi. Banyak pengunjung yang mengantri untuk menaiki sampan di sungai ini karena ingin merasakan sensasi berwisata di sungai amazon. Ujung dari sungai ini adalah curug atau air terjun bertingkat yang tentunya sangat sayang jika dilewatkan. Dari sampan, pengunjung dapat mengamati hutan disekitar beserta dlora dan fauna khas hutan lainnya. Wah tentu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan ya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by CAMERA BANTEN INDONESIA (@camerabanten) on

Nah itulah diatas ulasan lengkap mengenai obyek wisata Ujung Kulon yang sayang untuk dilewatkan. Bagaimana, kapan merencanakan liburan kesana?