Home » Lagi di Majalengka? ini dia 10 Wisata Majalengka yang wajid dikunjungi

Lagi di Majalengka? ini dia 10 Wisata Majalengka yang wajid dikunjungi

Wisata Majalengka yang wajid dikunjungi

Majalengka adalah salah satu kabupaten di wilayah Jawa Barat yang memiliki banyak potensi wisata menarik yang pastinya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Kabupaten yang dulunya bernama kabupaten Maja ini, sudah berdiri sejak kerajaan Hindu masih berjaya di Nusantara.

Majalengka memiliki keragaman kontur dalam wilayahnya, dataran rendah di bagian utara, banyak bukit dibagian tengah dan wilayah pegunungan di bagian selatannya. Kontur wilayah yang beragam inilah yang membuat Kabupaten Majalengka dipenuhi dengan banyak wisata alam dengan keindahan mempesona.

Kebun Teh Cipasung

Wisata Majalengka pertama yang akan diulas adalah kebun teh cipasung yang asri dan menenangkan.

Perkebunan teh aktif yang berada di Desa Cipasung Kecamatan Lebahsugih ini, menyuguhkan suasana yang damai dan sejuk.

Tempat ini tentunya cocok untuk anda yang penat dengan keriuhan kota. Di kawasan wista ini, anda juga dapat membeli oleh oleh berupa berbagai olahan produk teh yang asli dan menyegarkan.

Situ Cipanten

Tak lengkap rasanya pergi ke Majalengka tanpa mengunjungi wisata ‘situ’ atau telaga. Salah satu situ yang dapat anda kunjungi adalah situ Cipanten yang berada di Desa Gunung Kuning Kecamatan Sindang.

Lokasinya berjarak sekitar 16 km dari pusat kota Majalengka. Situ ini menawarkan pemandangan indah seperti lukisan lukisan alam yang menenangkan.

View this post on Instagram

A post shared by situ cipanten (@situcipanten_mjlk) on

Disekitarnya terdapat banyak sekali pepohonan rindang yang masih asri. Air didalamnya juga sangat jernih. Wisata ini sangat cocok bagi anda yang hendak menenangkan diri dari kehidupan perkotaan yang riuh.

Telaga ini memang kurang dikenal karena kurangnya promosi dari pihak pengelola. Meskipun begitu, wisata ini menawarkan keindahan yang luar biasa dan pastinya worth it untuk dikunjungi.

Goa Lalay

Tertarik untuk berpetualang ? wisata yang satu ini patut anda kunjungi karena merupakan tempat wisata yang menawarkan sensasi berbeda.

Goa Lalay merupakan salah satu wisata alam yang berada di Desa Sukadana Kecamatan Argapuran Kabupaten Majalengka. Wisata ini juga banyak dikenal sebagai green canyon asli Majalengka.

View this post on Instagram

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Untuk datang ke Goa ini, tampaknya anda harus melalui banyak rintangan.

Selain harus melewati jalan setapak yang dikanan kirinya adalah jurang, akses menuju goa ini juga masih terjal berbatu. Namun begitu sampai, rasa lelah anda akan terbayarkan dengan kecantikan ang dimiliki Goa ini.

Telaga Herang

Telaga Herang merupakan salah satu danau kecil yang terletak diantara Desa Jerukleueut, Desa Padaherang dan Desa Lenkongkulon Kecamatan Sindangwangi.

Nama ‘herang’ sendiri berarti air yang jernih, sesuai dengan keadaan danau yang jernih dan bening serta mamntulkan keindahan yang memukau.

Bahkan, saking jernihnya air di danau ini anda bisa melihat ikan ikan kecil yang berenang di danau ini secara langsung. Wisata ini telah menyediakan berbagai fasilitas yang akan membuat anda betah berada disini diantaranya adalah becak air hingga taman bermain disekiar danau.

View this post on Instagram

A post shared by MAJALENGKA (@infomjlk) on

Pengunjung juga diperbolehkan untuk bermain air dan berenang. Di lokasi wisata ini juga sudah dilengkapi dengan mushola, toilet hingga banyak tempat makan yang berjajar disekitarnya.

Air Terjun Cibali

Ketika pergi ke Majalengka, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi salah satu air terjun disana termasuk air terjun cibali yang terletak di Desa Cikondang Kecamatan Cingambul. Air terjun ini masih sangat asri dan bersih karena masih belum banyak pengunjung yang datang.

Meskipun begitu, air terjun ini sangat indah karena belum terjamah oleh tangan tangan yang tidak bertanggung jawab. Airnya jernih dan batuannya aman untuk dilewati. Ditambah lagi denan udara sejuk serta pepohonan rindang disekitar air terjun, pasti akan membat setiap orang yang mengunjunginya betah berada disana.

Situ Sangiang dan Maka Sunan Parung

Situ Sangiang menjadi destinasi wisata yang menarik karena selain menawarkan keindahan alam, juga menyediakan wisata religi bagi pengunjungnya.

Di area wisata ini, terdapat makan sunan Parung yang merupakan seorang raja yang turut menyebarkan islam di Majalengka. Selain itu, di lokasi wisata ini sekarang juga sedang dikembangkan suatu agrowisata dengan produk olahan jagung dan susu. Tempatnya berada di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran yang berjarak sekitar 27 km dari alun alun kota.

Panyaweuyan Argapura

Jika di pulau Bali, anda bisa melihat keindahan hamparan sawah hijau di daerah Ubud, maka anda bisa melihat pemandangan serupa di Majalengka dengan mengunjungi Panyaweuyan Argapura yang kini sedang hits di media sosial.

Tempat wisata yang berada di lereng gunung ciremai ini menjadi tempat favorit bagi para fotografer alam dan mereka yang ingin melepas kepenatan akan keriuhan perkotaan.

Tempat ini sangat ramai dikunjungi di pagi hari sebelum fajar menyingsing karena begitu matahari terbit, pemandangan luar biasa akan menyambut para pengunjung. udaranya yang sejuk dan bersih juga membuat banyak orang merasa damai berada di panyaweuyan Argapura.

Paralayang Gunung Panten

Gunung Panten sebenarnya telah lama digunakan sebagai tempat take off paralayang untuk atlet atlet yang sedang berlatih. Namun karena banyak permintaan, akhirnya bukit ini dibuka untuk lokasi wisata penerbangan paralayang.

Disini, pengunjung dapat merasakan olahraga ekstreem paralayang dan memandang keindahan Kabupaten Majalengka dari ketinggian. Lokasinya cukup dekat dengan kota yaitu sekitar 7 km dari alun alun.

Untuk anda yang tidak ingin ‘terbang’ menggunakan paralayang, anda juga bisa menikmati keindahan majalengka dari atas bukit dengan menempati spot spot yang telah disediakan.

Curug Muara Jaya

Curung atau Air Terjun Muara Jaya ini terletak di Kampung Apuy Desa Argamukti Kecamatan Argapura dan kerena itulah curug ini juga terkenal dengan nama curug apuy.

Curung yang memiliki tinggi kurang lebih 73 meter ini memiliki pemandangan yang lar biasa. Disekitar curug pepohonan masih berdiri rindang membuat siapapun betah berlama lama disana karena kesegaran dan keasriannya. Air yang mengalir dari curug ini merupakan air muara dari gunung Ciremai sehingga bersih dan segar.

Wisata yang satu ini juga telah memiliki beberapa fasilitas penunjang seperti taman bermain, pendopo, mushola, kamar mandi hingga beberapa warung yang siap menyediakan makanan  untuk para pengunjung.

Pendakian Gunung Ciremai

Apakah anda hobi mendaki gunung ? Tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki gunung Ciremai yang ada di Majalengka. Untuk mendaki gunung tertinggi di Jawa Barat ini memang memerlukan tenaga dan perjuangan yang ekstra karena medan yang berpasir.

Gunung ini berada di wilayah 3 Kabupaten yakni Majalengka, Cirebon dan Kuningan dan kini dikelola oleh pihak Taman Nasional Gunung Ciremai. Bagaimana ? Apakah anda tertarik untuk menaklukkan gunung yang memiliki tinggi 3.078 Mdpl ini ?

Nah itu dia beberapa rekomendasi 10 Wisata Majalengka yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung kesana.