Home » 10 Wisata Alam di Jombang yang Menarik Dan Instagramable

10 Wisata Alam di Jombang yang Menarik Dan Instagramable

Jombang terkenal dengan sebutan kota santri karena disini banyak berdiri pondok pesantren. Disamping itu, kota satu ini memiliki banyak destinasi wisata keren untuk dijadikan tujuan berlibur. Alamnya yang mempesona dengan udaranya yang sejuk, pastinya bisa membuat siapapun betah berlama-lama disana.

 Destinasi Alam di Jombang yang Menarik Dan Instagramable

  • Taman Ponggok Banjarsari

Salah satu trend liburan yang sedang populer yakni berwisata ke taman bunga. Salah satunya taman ponggok banjarsari, merupakan tempat tujuan wisata yang sedang naik daun. Di taman bunga ini terdapat jenis bunga gumitir atau marigold. Kumpulan bunga tersebut ditata sedemikian rupa sehingga menjadikannya sebagai spot foto yang instagramable. Selain bunga marigold, terdapat bunga matahari, tanaman jagung, padi, labu dan kedelai. Ada sekitar 200 tanaman pangan maupun non-pangan yang ditanam di taman ponggok banjarsari ini.

Selain berburu spot foto instagramable, harapanya pengunjung bisa memperdalam pengetahuan seputar pertanian mengenai berbagai jenis tanaman. Disamping taman bunga, disana terdapat menara yang bisa digunakan untuk berfoto.

Alamat : dusun Panggok, Banjarsari, kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Jombang.

  • Wisata Alam Banyu Mili

Wisata alam banyumili menawarkan sensasi liburan seru dengan trekking akan menantang adrenalin Anda. Selama perjalanan, Anda akan ditemani pemandangan alam yang syahdu. Di area sekitar terdapat hammock yang bisa digunakan jika Anda kelelahan saat mengitari lokasi. Ada juga warung makan dengan sajian minuman dingin, minuman panas dan mie instan. Selain lingkungan yang masih alami, dikawasan ini terdapat spot foto yang instagramable mulai dari rumah hobbit sampai gelas raksasa.

Banyu Mili Jombang - Pic By Jadwaltravel.info
Banyu Mili Jombang – Pic By Jadwaltravel.info

Alamat: desa Carang Wulung, Wonosalam, Jombang.

  • Wisata Bale Tani

Wisata ini merupakan wahana edukasi yang menawarkan pelajaran menarik seputar pertanian. Jenis pertanian yang dikembangkan disini antara lain hidroponik, lading, persawahan, holtikultura, peternakan dan perikanan. Fasilitas di wisata ini cukup lengkap yakni mushola, rumah panggung, kolam renang, karaoke dan sopt foto instagramable.

Bale Tani Jombang - Image Sorce Dakatour.com
Bale Tani Jombang – Image Sorce Dakatour.com

Berkunjung kesini belum lengkap rasanya jika belum berfoto di spot yang unik  seperti kursi dengan hiasan berbentuk love, gambar sayap besar diantara tanaman sayur, ayunan, dan rumah pohon yang mirip pagupon.

Tiket masuk: Untuk tiket masuk masih tergolong murah yakni sebesar 5-10 ribu rupiah.

Alamat: dusun Serning, Banjaragung, kecamatan Bareng, Jombang.

  • Taman Keplaksari Jombang

Tempat wisata ini berkonsep eco-green yang ramah lingkungan. Disini terdapat banyak patung binatang yang terbuat dari bahan daur ulang yang membuatnya Nampak unik. Anda bisa berfoto dengan latar belakang patung binatang yang unik tersebut. di taman keplaksari juga terdapat danau buatan yang dilengkapi dengan ikan hias didalamnya. Ada juga dermaga kecil yang digunakan untuk naik perahu.

Tak jauh dari danau buatan, terdapat taman bunga dengan hiasan bunga yang berwarna warni. Di area danau buatan dan taman bunga juga terdapat padang rumput dan lapangan tembak. Disini burung merpati dan angsa hidup dengan bebas. Anda bisa berfoto dengan kedua hewan tersebut jika bersabar saat mendekatinya.

Alamat: kelurahan Keplaksari, kecamatan Peterongan, Jombang.

  • Kampoeng Djawi Jombang

Destinasi wisata ini berada di ketinggian 750 mdpl dengan udara yang segar dikelilingi pegunungan dan sawah yang luas terhampar. Kampoeng djawi merupakan tempat yang ideal untuk berlibur, melepas penat dan beban rutinitas sehari-hari. Disini, Anda akan merasakan suasana perkampungan dengan gaya arsitektur jawa dan budayanya dengan keramahan penduduk sekitar.

Wisata semakin menarik dengan dilengkapi fasilitas seperti high rope, kolam renang, flying fox, pendopo, area shooting target, rafting kali boro, motor cross, offroad dan sepeda gunung.

Wisata kampoeng Djawi Jombang - images by kampoengdjawi.com
Wisata kampoeng Djawi Jombang – images by kampoengdjawi.com

Tiket masuk: untuk memasuki area wisata, Anda akan dikenakan tiket seharga 50.000/orang. Berlaku sesuai jam operasional yakni dari jam 08.00-16.00. Dengan tiket tersebut, Amda bisa berkunjung ke seluruh area kampoeng djawi sepuasnya.

Alamat: desa Gondang, Kecamatan Wonosalam, Jombang.

  • Alas Gedangan Mojoagung

Di kawasan wisata ini terdapat spot wisata unik peninggalan zaman dahulu yakni Goa Jepang. Spot gardu pandang di area alas gedangan menjadi incaran bagi pemburu foto instagramable. Bunga matahari raksasa merupakan salah satu model gardu pandang yang terdapat disini. Adanya berbagai spot foto keren menjadika wisata ini diburu wisatawan.

Tiket masuk: Untuk memasuki areal wisata, Anda tidak dikenakan tiket masuk. Hanya dikenakan biaya parkir kendaraan.

Alamat: dusun Gedangan, Kedunglumpang, kecamatan Mojoagung, Jombang.

  • Air Terjun Tretes

Air terjun tretes merupakan salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 158 meter. Wisata ini cocok bagi Anda yang menyukai petualangan karena membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa sampai ke lokasi air terjun. Terdapat 2 aliran air terjun yang mengalir ke bawah yang membuatnya terlihat begitu indah.

Di kawasan ini terdapat sungai yang merupakan sambungan dari air terjun tretes. Pengunjung tidak disarankan mandi dibawah guyuran air terjun langsung, karena derasnya aliran air terjun dikhawtirkan membuat tubuh sakit bahkan terluka. Tetapi Anda bisa menikmati segarnya air terjun dengan mandi di sekitar guyuran air terjun.

Alamat: berada di kawasan Taman hutan raya Raden Soeryo Gunung Jurug Guah. Dalam kompleks gunung anjasmoro, tepatnya di Dusun Pengajaran, Galengdowo, Kecamatan wonosalam, Jombang.

  • Air Terjun Grenjeng

Air terjun grenjeng merupakan wisata alam yang cocok untuk menenangkan diri dan fikiran dengan akes jalan yang tidak begitu sulit. Air terjun ini memang tidak terlalu besar, hanya sekitar 8 meter tingginya. Tetapi sensari alamnya begitu terasa. Percikan air yang segar dan suasana yang masih alami menjadi alasan wisatawan berkunjung ke sini.

Air Terjun Grenjeng Jombang

Alamat:  desa Jenisgelaran, Bareng, Jombang, Jawa Timur.

  • Goa Sigolo-Golo

Perpaduan antara pegunugan dan pedesaan sebagai latar belakang menjadi sebuah pemandangan alam yang menyejukkan saat berkunjung ke tempat ini. Dari mulut goa, Anda bisa melihat pemandangan alam diluar goa yang sangat menarik. Sementara diatas goa terdapat bulu view, yakni lokasi dimana Anda bisa menikmati semua pemandangan sekitar goa seperti sungai Boro dan gunung kukus.

Tempat wisata ini cocok bagi Anda berjiwa petualangan karena medan yang cukup terjal untuk menuju lokasi.

Alamat: Dusun Kraten, Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Jombang

  • Candi Rimbi

Candi rimbi merupakan candi syiwa yang dibangun sekitar pertengahan abad 14. Dibagun sebagai penghormatan kepada Tribhuwana Tunggadewi yang merupakan raja majapahit tahun 1329-1350. Dugaan ini diperkuat dengan adannya 2 arca dewi parwanti yang merupakan pencerminan dari dewi Tribhuwana. Arca tersebut kini tersimpan di museum nasional dan museum trowulan.

Candi ini bisa Anda jadikan tempat wisata terutama bagi Anda yang gemar belajar sejarah Indonesia masa Hindu budha dan peninggalannya.

Alamat: desa Pulosari, Bareng, Kecamatan Jombang .

Itu dia, objek wisata alam di Jombang yang bisa dijadikan referensi saat Anda bertandang ke kota satu ini. Masih banyak objek wisata di Jombang yang sayang untuk dilewatkan. Selamat menikmati liburan.