Home » 12 Obyek Wisata di Lahat Sumatera Selatan Paling REKOMENDED

12 Obyek Wisata di Lahat Sumatera Selatan Paling REKOMENDED

Kabupaten Lahat di Sumatera Selatan memang terkenal dengan banyak wisata alam yang memukau dan memanjakan mata. Letaknya yang berada di barisan perbukitan dan pegunungan tentu menjadikan tempat ini dipenuhi berbagai keindahan alam yang memukau. Namun ternyata, selain wisata alam yang menjadi unggulan, Kabupaten Lahat juga menyimpan banyak potensi wisata sejarah yang tersebar di wilayahnya. Untuk anda yang sedang merencanakan liburan ke Sumatera Selatan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Kabupaten yang terletak 217 km dari Kota Palembang ini.

Tempat Wisata di Kabupaten Lahat

  1. Jembatan Gantung Pagar Batu

Jembatan yang terletak di Desa Pagar Batu, Kecamatan Pulau Pinang ini menjadi jembatan gantung terpanjang yang ada di Sumatera Selatan. Jembatan ini membentang sepanjang 360 meter dan menghubungkan desa desa disekitarnya. Belakangan, jembatan ini menjadi viral di media sosial karena unik dan pemandangan disekitarnya pun tak kalah indah. Dibawah jembatan ini, mengalir sungai Lematang yang dapat anda nikmati gemercik airnya.

  1. Bukit Besar / Big Hill

Bukit yang biasa disebut dengan bukit besak oleh warga sekitar ini berada di Desa Perangai kecamatan Merapi Selatan. Bukit ini memiliki ketinggian 1700 Mdpl dan membutuhkan waktu tempuh selama 3 jam untuk mencapai puncak bukit. Namun dari atas sana, perjalanan anda tidak akan sia sia karena pemandangan yang menakjubkan. Untuk jalur Tracknya didominasi oleh track miring antara 45 -60 derajat. Pastikan anda mendaki bukit bersama orang yang sudah berpengalaman ya.

  1. Green Canyon Pulau Pinang


Wisata lain yang ada di Kabupaten adalah Green Canyon Pulau Pinang. Wisata ini memang tampak seperti greeen canyon yang berada di Amerika, dalam versi lebih kecil. Meskipun begitu, green canyon ini juga tetap istimewa karena airnya memancarkan warna hijau kebiruan yang indah dan tenang. Suasana asli yang akan membuat pengunjung terpanggil untuk berenang dan bersatu dengan alam. disekitar green canyon pun, terdapat batuan abu abu kehitaman yang kian menambah keeksotisan tempat ini. Suasana yang asri dan masih sangat alami akan membuat siapa saja betah berlama lama berada di wisata ini.

  1. Air Terjun Buloh / Curup Tujuh


Air terjun yang juga dikenal sebagai curup tujuh ini terletak di Gumay Ulu, Lahat. Seperti namanya, curup Tujuh ini berbentuk bertingkat tingkat dan dianggap merepresentasikan lapisan langit yang ada tujuh. Air terjun ini memiliki bebatuan berwarna hitam dan abu abu yang menambah keindahan pemandangan disana.

  1. Bukit Serelo


Bukit ini memiliki bentuk yang unik karena menyerupai ibu jari. Masyarakat sering menyebut bukit ini sebagai bukit jempol. Bukit selero ini akan mulai terlihat ketika anda akan memasuki atau meninggalakan wilayah Kabupaten Lahat.

  1. Telaga Bukit Selero

Di dekat bukit selero, terdapat telaga yang juga disebut dengan telaga bukit selero. Kawasan wisata ini merupakan muara dari sungai selero yang biasa digunakan untuk arung jeram. Sungai ini memiliki batuan yang berbentuk patahan , batuan cadas dan tentunya air yang mengalir deras sangat cocok untuk anda yang menyukai wisata dengan adrenaline tinggi. Sungai selero juga memiliki kelokan arus di bagian ujung jeram yang membentuk cekungan dengan arus memutar yang akan membuat anda merasakan ketegangan bermain arung jeram.

  1. Penangkaran Gajah Lahat

Selain wisata alam, Kabupaten Lahat juga memiliki wisata edukasi yaitu penangkaran gajah Lahat. Wisata yang sebenarnya merupakan sekolah gajah ini berada di Desa Perangai yang terletak di kaki Bukit Selero. Dari pusat Kabupaten, wisata ini hanya berjarak sekitar 20 km. Gajah gajah yang berada disekolah ini, dilatih untuk menjadi gajah jinak yang siap membanu manusia dengan kekeuatannya, misalnya mengangkut barang pertanian dan mengangkut kayu.

  1. Air terjun Tembok / Curup Tembok

Bila dilihat dari jauh, air yang mengalir di curup ini tidak tampak berasal dari ketinggian melainkan memancar dari bantuan vertikal yang mirip tembok. Air terjun ini sangat istimewa karena air yang jatuh dari atas tidak langsung terhenpas kebawah melainkan mengalir melalui tebing tertingkat yang tampak seperti tembok. Karena itulah curup ini dinamai curup tembok. Air terjun yang berada di Desa Tanjung Raja ini, masih tampak begitu alami karena rindangnya pepohonan dan semak belukar yang mengelilinginya. Sebagai tambahan, dikawasan ini tidak hanya terdapat satu curup tembok namun ada tiga. Satu air terjun terbesar memiliki tiga tingkatan dan dua air terjun lainnya lebih kecil dan hanya memiliki dua tingkatan saja.

  1. Situs Megalitikum Batu Macan


Kabupaten Lahat banyak diyakini oleh pakar geografi sebagai pusat permukiman dari manusia pra sejarah di Sumatera. Hal ini dikarenakan letak Kabupaten Lahat yang berada di dataran Pasemah, atau dataran tinggi Selatan Pulau Sumatera yang membentang dari Pagar Alam kemudian Lahat dan berakhir di Empat Lawang. Kabupaten Lahat sudah mencatatkan 1.027 benda peninggalan zaman Megalitikum yang masing masing tersebar di sekita 40 situs megalitikum. Bahkan Museum Rekor Indonesia atau MURI, mencatatkan Kabupaten Lahat sebagai wilayah yang memiliki situs Megalitikum terbanyak di Indonesia.

  1. Air Terjun Goa Mata


Di desa rerambi Kecamatan Jarai Kabupaten Laha ini, terdapat air terjun yang disebut dengan air terjun Goa Mata. Air terjun ini kini sedang banyak dibicarakan di media sosial karena kejernihan air sungainya. Bahkan, banyak orang yang memanfaatkan kejernihan air ini untuk mengambil foto underwater yang pastinya instagramable. Dasar sungai juga tidak berlumut, berbatu bersih dan berpasir. Lokasi wisata ini juga sangat ebrsih dari sampah sehingga banyak pengunjung yang betah berada disini.

  1. Goa Asnawi

Goa Asnawi yang terletak di desa Sukajadi juga dapat menjadi pilihan anda untuk berwisata di Kabupaten Lahat. Sayangnya, keindahan gua ini harus dicapai dengan susah payah. Untuk sampai di area gua, anda perlu menjelajahi medan yang sulit dan berbatu. Namun anda jangan khawatir akan keselamatan karena ada pemandu wisata yang siap mengamankan anda dengan peralatan untuk caving. Begitu anda sampai di area gua, lelah perjalanan anda akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan.

  1. Air Terjun Haman


Rekomendasi wisata Lahat yang terakhir adalah air terjun Haman. Air terjun ini sering disebut dengan Taman Air Bidadari karena air terjun ini memang istimewa. Air terjun ini tidak mengalirkan air dari batuan yang terlalu tinggi, jadi pengunjung yang mandi dibawah air terjun tidak akan merasakan kesakitan namun justru nikmat karena seperti dipijat. Selain itu, curahan air terjun tidak hanya berada di satu titik namun berada di banyak titik yang membentuk setengah lingkaran. Karena itulah air terjun ini disebut dengan taman air bidadari karena dianggap seperti kamarmandi paa bidadar di kahyangan.

Nah itulah review singkat  mengenai 12 wisata recomended di Lahat Sumatera Selatan. Selamat berlibur.