Home » 10 Tempat Wisata Grobogan Jawa Tengah Yang Lagi HITS

10 Tempat Wisata Grobogan Jawa Tengah Yang Lagi HITS

10 Tempat Wisata Grobogan Jawa Tengah Yang Lagi HITS | Jawa Tengah memiliki banyak sekali destinasi wisata keren, unik dan menarik, sehingga sangat tepat bila memutuskan berlibur ke sana. Tidak hanya semarang dan magelang saja yan memiliki wisata menarik, Kabupaten Grobogan ternyata juga memiliki berbagai potensi wisata yang sangat sayang bila dilewatkan. Selain terkenal dengan makanan berupa Kwike Kodok (katak), Kabupaten Grobogan juga menyimpan banyak wisata yang harus dikunjungi. Penasaran ? Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Wisata Grobogan Terbaru
Photo by: Instagram (@seputarpurwodadii)
  1. Bledug Kuwu Grobogan

‘Bledung’ dalam bahasa jawa artinya debu / tanah yang menguap. Tempat wisata bledug kuwu di grobogan ini merupakan kawasan luapan lumpur yang biasanya meletup setiap 2 – 4 menit sekali. Objek wisata seperti ini hanya akan anda temukan di Grobogan, Jawa Tengah. Aktivitas luapan lumpur ini bukan terjadi karena perbuatan manusia, pengeboran minyak atau sebagainya, melainkan fenomena alam berupa terlepasnya gas metana dari inti bumi. Selain mengandung gas metana, lumpur yang meletup ini juga kaya akan kandungan mineral dan garam yang oleh warga sekitar akhirnya digunakan untuk membuat garam bleng tradisional untuk di jual.

Lokasi : Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

  1. Api Abadi Mrapen

Jika di Kota Bojonegoro terdapat wisata alam kayangan api, maka Grobogan juga memiliki wisata alam bernama Api Abadi Mrapen. Sesuai namanya, ditempat ini terdapat api yang menyala abadi meskipun diguyur hujan selama ribuan tahun. Lagi lagi, wisata ini bukan buatan manusia melainkan fenomena alam asli yang terjadi karena adanya lubang dari inti bumi yang mengeluarkan gas alam dan memberikan reaksi berupa nyala api dan mengudara seperti yang terlihat saat ini.Api abadi Mrapen ini sering digunakan sebagai sumber api pada berbagai kegiatan seperti PON, POR dan peringatan Waisyak.

Lokasi : Desa Manggarmas, Kecamatan Odong , Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

  1. Goa Macan dan Lowo

Kabupaten Grobogan memang dikenal sebagai penyedia wisata alam yang menakjubkan. Letak kabupaten yang berada di pegunungan kapur, membuat kemungkinan pembentukan Goa menjadi lebih besar. Oleh karena itu, terdapat banyak Goa di Kabupaten ini, salah satunya adalah Goa Macan dan Lowo. Seperti namanya, dahulu goa ini memang menjadi sarang untuk hewan macan dan lowo (kelelawar). Namun sekarang, anda tidak perlu khawatir karena hanya tersisa kelelawar kelelawar yang tinggal di Goa ini. Tempat ini sering dijadikan tempat piknik dan wisata alam oleh pengunjung.

Lokasi : Dusun Watu Song, Desa Sedayu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

  1. Air Terjun Widuri

Tempat wisata air terjun widuri ini sebenarnya merupakan wisata baru karena baru saja dibuka oleh warga sekitar sehingga saat ini wisata itu masih cukup sepi pengunjung. namun karena masih baru dibuka, wisata ini masih sangat alami dan asri sehingga membuat siapapun yang berada disana akan betah berlama lama. Konon katanya, air terjun ini merupakan air terjun dimana Jaka Tarub bertemu dengan seorang bidadari bernama Nawang Wulan yang dicuri selendangnya dan dijadikan istrinya.

Lokasi : Desa Batur, Kecamatan Tawang Harjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

  1. Lumpur Kesongo

Wisata menarik di Kabupaten Grobogan yang selanjutnya adalah lumpur kesongo. Lumpur kesongo merupakan kawasan wisata dengan fenomena alam berupa lahar dngin yang meledak ledak ringan di sekitar sana. Setiap harinya, akan ada ritual unik yang dilakukan oleh juru kunci wisata. Ada satu titik yang dinamakan keraton dimana titik n akan mengeluarkan lumpur ketika dituangi oleh susu cair murni. Menurut juru kunci, hasil luapan dari titik tersebut akan menunjukkan seberapa besar keinginan pengunjung atas impian – impiannya. Ritual ini akan dilakukan ketika ada pengunjung yang menginginkan saja.

Ada satu lagi fenomena luapan yang kadang terjadi di kawasan wisata ini yaitu luapan kurdo. Ketika luapan ini terjadi, burung burung yang bertengger disekitar titik tersebut akan menjadi korban dan warga akan mengambil ‘korban’ tersebut untuk dijadikan lauk.

Lokasi : Kecamatan Gabusan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

  1. Sendang Coyo

Sendang coyo merupakan salah satu sendang yang menjadi kebanggaan warga Grobogan. Sendang ini tidak pernah kehabisan air meskipun musim kemarau tiba. Menurut warga sekitar, sendang ini merupakan sendang peninggalan sunan Kalijaga (Wali Songo) dan mata airnya bersumber dari tancapan tongkat beliau.

Sendang ini akan menjadi sangat ramai dikunjungi pada malam 1 Syuro. Warga akan berebut mandi disana karena air sendang akan membuat mereka awet muda.

Lokasi : Desa Mlowokarangtalun, Kacamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

White Canyon

Seperti namanya, wisata ini memang tampak mirip seperti wisata Green Canyon di Amerika. Namun bukan berwarna green melainkan berwarna white atau putih. Wisata ini dulunya adalah bekas dari pertambangan kapur yang sudah tidak beroperasi. Wisata ini akan menjadi sangat ramai ketika senja tiba. Pancaran matahari terbenam yang keemasan akan berpadu dengan perbukitan kapur yang berwarna putih membuatnya sangat indah.

Lokasi : Desa Mrisi, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

  1. Air Terjun Kedung Kempul

Air terjun yang banyak dikunjungi wisatawan ini terkenal bersih dan jernih airnya. Air yang turun dari ataspun tidak terlalu deras sehingga anda bisa mandi dibawah air terjunnya. Suasana sekitar air terjun juga masih sangat asri dan menenangkan. Terdapt banyak kicauan burung ketika anda melakukan perjalanan ke air terjun ini. Wisata ini ternyata telah dikelola dengan baik oleh warga sekitar. Sudah terdapat fasilitas seperti toilet, warung warung, mushola hingga penginapan.

Lokasi : Desa Sedayu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

  1. Waduk Cindelaras

Waduk cindelaras merupakan salah satu waduk yang dijadikan tempat wisata di Kabupaten Grobogan. Waduk ini dulunya hanya merupakan tempat langganan untuk bumi perkemahan. Namun sekarang, waduk ini sering dijadikan objek wisata yang menarik banyak pengunjung. waduk ini biasanya akan ramai di sore hari karena pemandangannya yang indah dan menenangkan.

Lokasi : Desa Badungrejo , Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan , Jawa Tengah.

  1. Goa Urang

Selain Goa Macan dan Lowo yang tadi dijelaskan, Grobogan juga memiliki objek wisata goa lainnya yaitu Goa Urang. Urang dalam bahasa Indonesia adalah Udang. Menurut warga sekitar, Goa ini dahulu merupakan tempat bertelurnya para udang sehingga dinamakan Goa Urang. Entah pada tahun berpa, Goa ini banjir sehingga udah tidak pernah lagi menampakkan diri disana. Masih belum banyak pengunjung yang menjadikan Goa Urang sebagai destinasi wisatanya karena akses menuju wisata ini memang cukup berat. Namun bagi anda yang suka perjalanan menantang, tidak ada salahnya mengunjungi wisata alam yang satu ini.

Lokasi : Dusun Guwo, Desa Kemahdobatur , Kecamatan Tawang Harjo, Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

nah, itu tadi informasi mengenai 10 Tempat Wisata Grobogan Jawa Tengah Yang Lagi HITS. semoga bermanfaat ya teman-teman, jangan lupda dishare artikel ini ke orang yang pengen kamu ajak pergi jalan-jalan.. 🙂