Home » 10 Tempat Wisata di Sragen yang Lagi Hits

10 Tempat Wisata di Sragen yang Lagi Hits

10 Wisata di Sragen yang Lagi Hits Terupdate | Berbicara tentang potensi wisata provinsi Jawa Tengah, perhatian kita mungkin langsung mengarah ke Magelang, Semarang, Solo dan lain – lain. Tak heran memang, karena faktanya kota – kota tersebut memiliki banyak tempat wisata terkenal.

Namun perlu diketahui juga, Jawa Tengah tidak hanya tentang kota – kota tersebut. Kota lain di provinsi ini juga masih menyimpan surga tersembunyi yang belum banyak diketahui khalayak ramai, termasuk salah satunya kota Sragen.

Walaupun tidak terlalu terdengar gaungnya, namun Sragen menyimpan potensi wisata yang cukup besar. Bagi anda yang ingin mengunjungi kota ini, jangan khawatir karena banyak tempat wisata yang worth it untuk dikunjungi di Kota Sragen. Mulai dari gunung, air terjun, museum, hingga wahana air pun tersedia di kota ini.

Nah masih bingung, ingin mengunjungi destinasi mana saja saat di kota Sragen? Yuk intip informasi berikut ini.

10 Wisata di Sragen yang lagi hits 2019

  1. Waduk Kedung Ombo

 Waduk Kedung Ombo merupakan waduk yang sangat luas dan mencakup 3 wilayah kota salah satunya adalah kota Sragen. Waduk ini memiliki banyak fungsi selain sebagai pembangkit listrik tenaga air, Waduk Kedung Ombo juga digunakan sebagai sistem pengairan untuk banyak kota di Jawa Tengah.

Wadung Kedung Ombo Sragen

Karena pemandangannya yang eksotis, Waduk Kedung Ombo juga dibuka untuk para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan waduk kedung ombo ini atau hanya sekedar bersantai bersama keluarga.

Di sini, anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berfoto, mengelilingi waduk dengan menggunakan kapal motor yang sudah disediakan, hingga memancing ikan yang hidup di waduk ini.

Waduk ini terletak di Desa Ombo, Kec. Geyer, Kab. Grobogan. Sedikit jauh dari pusat kota Sragen.

  1. Gunung Kemukus Sragen

 Berbicara tentang gunung, Sragen juga punya gunung yang eksotis, namanya Gunung Kemukus. Selain memiliki pemandangan yang sangat indah, gunung ini juga memiliki banyak cerita dan sering kali dibumbui kisah – kisah mistis.

Menurut informasi, gunung ini merupakan tempat peristirahatan terakhir pangeran Samudro sehingga sering kali kita bisa melihat orang – orang melakukan ziarah di gunung ini.

Meskipun terkenal memiliki pemandangan eksotis, sayangnya gunung ini juga punya cerita negative tersendiri, namun untuk mengatasi hal tersebut pemerintah sudah bertindak, sehingga galilah informasi secara mendalam jika anda hendak mendaki Gunung Kemukus di Sragen ini.

  1. Kolam Renang Kartika Sragen

 Bertempat di Jalan Veteran, Kota Sragen, kolam renang Kartika merupakan kolam renang cukup terkenal di kota ini. Bagi anda yang bosan dengan wisata – wisata alam dan ingin menghabiskan waktu dengan bermain air, anda bisa mengunjungi kolam renang Kartika ini. Pengelolaan yang baik dengan fasilitas yang lengkap membuat tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

kolam renang kartika

Tidak hanya kolam renang, di sini pengelola juga menyediakan kolam pancing bagi anda yang hobi memancing. Harga tiket masuknya pun tergolong sangat murah jika dibandingkan kolam renang pada umumnya.

  1. Galeri Batik Sukowati dan Sentra Bisnis Batik Sragen

 Berlibur ke Sragen tidak lengkap rasanya kalau tidak berbelanja oleh – oleh. Salah satu oleh – oleh khas Sragen yang wajib anda beli di kota ini tentu saja batik khas Sragen. Untuk mendapatkannya anda bisa langsung datang ke Galeri Batik Sukowati dan Sentra bisnis batik Sragen. Letaknya berada di Jl. Raya Sukowati No. 251 Sragen Tengah, Kec. Sragen, Kab Sragen.

galeri batik sukowati

Mengapa harus di sini? Karena di galeri batik Sukowati harga yang dipatok untuk batik – batik di sini memang sengaja dirancang ekonomis agar terjangkau semua kalangan. Bahkan tak jarang di sini diadakan bazaar – bazaar batik yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi.

  1. Wisata alam Betisrejo

 Ingin merasakan sensasi pedesaan yang masih asri di Sragen? Maka wisata alam Betisrejo tempatnya. Nama Betisrejo sendiri merupakan gabungan dari 3 nama desa yang menjadi wilayah berdirinya tempat wisata ini, mereka adalah desa Jambeyan, desa Betis, dan desa Sukorejo.

Wisata betisrejo Sragen

Di Betisrejo, anda bisa menikmati suasana desa yang masih benar – benar asri. Perkebunan, persawahan, bukit dan udara yang sejuk akan senantiasa memanjakan mata. Tidak hanya itu, di sini anda juga berkesempatan untuk secara langsung belajar mengolah pertanian secara sehat (organic) tanpa campuran bahan – bahan kimia berbahaya.

Dan kalau anda merasa betah dan ingin sedikit berlama – lama, wisata alam betisrejo juga sudah menyiapkan homestay dengan harga terjangkau bagi pengunjung yang ingin menginap.

Sedangkan untuk fasilitas, Betisrejo sudah menyediakan berbagai wahana seperti pemandian air panas, wisata kuliner, pijit tradisional, suaka margasatwa, dan masih banyak lagi.

  1. Makam Joko Tingkir

 Tepat di desa Butuh, Kec. Plupuh, Kab. Sragen terdapat makam tokoh yang amat terkenal bernama Joko Tingkir atau yang bernama asli Sultan Hadiwijaya. Makam Joko Tingkir ini merupakan wisata religi dimana kebanyakan orang yang berkunjung ke makam ini bertujuan untuk ziarah.

Bahkan saat Hari Raya Idul Fitri tiba, ada tradisi unik bernama Larung Joko Tingkir yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surakarta yang dimulai dari Sungai Bengawan Solo dan berakhir di desa Butuh Sragen ini.

  1. Waduk Gebyar

 Selain Kedung Ombo, Sragen juga masih menyimpan pesona lain dari sisi waduk yakni Waduk Gebyar. Berbeda dari Kedung Ombo yang difungsikan sebagai pembangkit listrik, Waduk Gebyar merupakan waduk yang difungsikan untuk menampun air yang nantinya dimanfaatkan untuk irigasi.

Namun karena pemandangan yang indah dan letaknya berada di tengah – tengah perbukitan, akhirnya waduk ini dibuka untuk para wisatawan. Suasana yang sejuk dan asri serta pemandangan indah berlatarkan gunung Lawu membuat Waduk Gebyar wajib dikunjungi bagi anda para pecinta fotografi. Wisata waduk Gebyar ini berlokasi di Sambirejo, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

  1. Air Terjun Dung Jengglong

 Air terjun Dung Jengglong bisa dikatakan sebagai air terjun paling indah yang berada di Kabupaten Sragen. Airnya yang jernih serta air terjun yang eksotis membuat tempat ini wajib dikunjungi jika main ke Sragen. Dung Jengglong memiliki ketinggian 4 meter dengan lebar mencapai 7 meter. Warna air yang kehijau-hijauan merepresentasikan segarnya air di air terjun ini.

Belum banyak yang mengtahui perihal air terjun ini sehingga masih belum terlalu ramai. Tempat air terjun dung jengglong ada di Kec. Miri, kabupaten Sragen.

  1. Gunung Tugel

 Meskipun namanya gunung, namun Gunung Tugel bukanlah gunung seperti pada umumnya. Gunung Tugel hanyalah bukit namun memiliki pemandangan yang cantik. Disebut tugel (patah) karena bagian tengah bukit ini terbelah. Belahan bukit ini merupakan buatan manusia yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Gunung Tugel berada di Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen.

  1. Gunung Banyak

 Destinasi wisata Gunung Banyak merupakan wilayah pegunungan yang terdapat di Sragen. Gunung Banyak menawarkan pemandangan yang sangat eksotis. Namun untuk mencapai tempat ini, anda harus sedikit ‘mendaki’ dengan jarak yang cukup jauh. Cocok bagi anda para pecinta alam.

Destinasi wisata ini terletak di daerah Srawung, Kabupaten Sragen.

 

Bagaimana, keren-keren bukan 10 destinasi wisata Sragen diatas?