Home » Alternatif Obyek Wisata Terbaik Dekat Candi Gedong Songo | UPDATE 2019

Alternatif Obyek Wisata Terbaik Dekat Candi Gedong Songo | UPDATE 2019

Jawa Tengah memang memiliki segudang destinasi wisata yang menarik dan keren. Salah satunya Kota Semarang. Kota ini memiliki banyak keindahan yang siap menghipnotis siapapun yang berkunjung ke sana.

Obyek Wisata Terbaik Dekat Candi Gedong Songo Photo by Jejakpiknik.com
Obyek Wisata Terbaik Dekat Candi Gedong Songo Photo by Jejakpiknik.com

Nah diantara banyaknya obyek wisata yang ada di Semarang, salah satu obyek wisata yang cukup diminati ialah candi gedong songo. Nilai sejarah yang ada di tempat tersebut seakan menjadi magnet bagi para pengunjung untuk bisa menyaksikan secara langsung keunikannya serta nilai historisnya.

Dan menariknya lagi, lokasi tempat wisata ini juga cukup strategis karena sangat dekat dengan destinasi wisata lainnya. Sehingga para wisatawan tidak hanya bisa menikmati keunikan candi gedong songo tetapi juga bisa singgah diobyek wisata lain yang tempatnya tidak berjauhan dari candi tersebut.

Nah, penasaran ingin tahu apa saja tempat wisata yang lokasinya berdekatan dengan candi gedong songo? Yuk intip informasi selengkapnya dibawah ini.

Berbagai Obyek Wisata Keren yang Dekat dengan Candi Gedong Songo

Grojogan Kleting Kuning

Destinasi wisata grojogan Kleting Kuning berlokasi di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowo, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi wisata ini cukup mudah, apabila anda berada dari arah salatiga atau semarang bisa mengambil rute menuju arah bendungan, setelah itu akan menjumpai SPBU candi geding songo dari situ anda harus melanjutkan perjalanan lagi menuju kerah Temanggung hingga nantinya anda akan masuk ke desa Kemawi, nantinya anda akan menjumpai petunjuk jalan yang akan mengarahkan menuju lokasi wisata.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Lucia Lista (@lucialista) on

Daya tarik dari grojongan ini yaitu suasananya yang masih sangat asri dan begitu menyatu dengan alam ditambah lagi dengan keindahan dari grojogan itu sendiri. Nah bibawah air grojongan tersebut ada semacam kolam yang bisa pengunjung untuk berenang ataupun sekedar bermain air.

Para pengunjung yang berkunjung akan dikenakan biayat iket masuk sebesar Rp 12.000/ unit motor dan itu juga sudah termasuk biaya parkir. Apabila untuk satu orang saja akan dikenakan tiket Rp 5.000 untuk hari libur dan Rp 3.000 di hari biasa.

Curug 7 Bidadari

Keunikan dari curug 7 bidadari yaitu curug yang memiliki terjunan air 3 susun, dan masing-masing memilik kolam dibawahnya. Dari ketika ketiga susunan tersebut akhirnya dapat membentuk 7 aliran air terjun. Jika dihitung-hitung ketinggian dari curung 7 bidadari mencapai 10 meter. Suasananya yang masih sangat alami menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi wisata ini sangat mudah, apabila dari pusat kota semarang hanya akan mempuh waktu kurang lebih 30 menit jika tidak mengalami kemacetan.

Nah bagi para pengunjung yang ingin datang ketempat ini tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuknya, karena biayanya sangat terjangkau yakni sebesar Rp 3.000/orang untuk hari biasa dan Rp 4.000/orang di hari libur.

Saloka Theme Park

Saloka theme park merupakan salah satu destinasi wisata buatan yang paling baru di Semarang. Didirikan dilahan seluas 18 hektar menjadikan tempat ini memiliki beberapa zona diantaranya ada zona air, huta, kerajaan dan kartun yang mana pada masing-masing zona tersebut memiliki beberapa wahana yang sangat menarik.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Saloka Theme Park (@salokapark) on

Saloka theme park berlokasi di jalan Fatmawati 154 tepatnya di Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Jawa Tengah. Apabila dari pusat kota semarang berjarak kurang lebih 40 Kilometer,anda bisa masuk tol jogja, solo, Bawen setelah keluar pintu tol belok kearah kiri menuju jalan solo-semarang. Tempatnya beada dijalan besar sehingga sangat mudah ditemukan. Sedangkan dari kota Solo berjarak 60 Kilometer.

Para pengunjung yang datang ketempat ini akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 120.000/orang untuk hari biasa dan Rp 180.000/orang saat hari libur. Dengan harga tiket tersebut anda sudah dapat menikmati semua wahana yang ada di saloka theme park secara gratis.

Nah untuk fasilitas yang tersedai ditempat tersebut bisa dibilang cukup lengkap, diantaranya restauran, klinik, mushola, tempat prkir luas, kamar mandi, serta dilengkapi dengan ruang laktasi.

Curug Lawe

Curug lawu merupaka salah satu wisata alam terbaru yang ada di kota Semarang, namun meskipun begitu cukup banyak masyarakat yang berkunjung ketempat tersebut. keberadaan curung yang ada kaki gunung unggaran menjadikan tempat ini begitu sejuk dan masih sangat asri.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Alethea QieQie (@andromedaqieqie) on


Lokasi curung lawe ini berada di Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Apabila dari pusat kota semarang maka berjarak kurang lebih 21 Kilometer dengan waktu tempuh 1 jam.nantinya anda akan menuju kearah Universitas Negeri Semarang (UNNES), setelah melewati gerrbang utama UNNES anda akan menjumpai pertigaan, setelah itu akan ada petunjuk menuju lokasi, anda tinggal mengikutinya.

Meskipun berada diarea perhutani, namun fasilitas yang ada cukup memadai seperti ketersediaan toilet umum dan area parkir. Untuk fasilitas-fasilitas yang lain belum tersedia sehingga para pengunjung harus memebawa makanan ataupun barang yang diperlukan dari luar daerah wisata.

Kawasan wisata ini beroperasi mulai pukul 06.00 s/d 15.00 WIB, dan disarankan sebelum jam 3 para pengunjung sudah area tempat parkir mengingat kawasan hutan cukup gelap jika sore hari lagi apalagi belum tersedainya penerangan disekitar jalan. Nah untuk tiket masuk para pengunjung hanya akan mengeluarakan biaya sebesar Rp 5.000/orang.

Waduk Jatibarang

Destinasi wisata baru yang cukup ramai dikunjungi ini berada di Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Yaps waduk jatibarang memiliki area perairan seluas 189 hektar. Yang menjadi daya terik dari tempat ini yaitu airnya yang sangat jernih. Para pengunjung menggunakan perahu untuk manikmati suasana waduk dari jarak dekat.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Seputar Semarang (@seputarsemarang) on

Meski berada dipinggiran kota, namun akse menuju waduk jatibarang terbilang cukup mudah. Para wisatawan yang berada di bandara Ahmad Yani semarang akan mengahabisakan waktu tempuh sekitar 40 menit dengan jarak 13 Kilometer. Dari bandara anada bisa mengambil rute kearah Mayaran lalu naik menuju gunungpati, dalam perjalanan nantinya anda akan menjumpai gepura bendungan yang besar , lalu ambil arah kekanan tibalah diarea waduk jatibarang.

Nah bagi para wisatawan yang ingin berkinjung keempat ini akan dikenakan biaya iket masuk sebesar Rp 2.500/orang, dengan sarana area prkir, warung makan, MCK, dan dilengkapi pula dengan mushola. Bagi para wisatawan yang ingin menyewa perahu harus membayar biaya sebesar Rp 100.000 dengan kapasitas 3 sampai 4 orang. meskipun terbilang cukup mahal namun anda bisa menikmati berkeliling menggunakan perahu dengan bebas dan tidak ada batasan waktu.namun jika pengunjung hanya menghendaki untuk berkeliling setengah waduk, maka hanya akan membayar biaya Rp 60.000.

Nah itu dia tempat-tempat wisata keren yang berdekatan dengan candi gedong songo. Pastikan untuk mampir di berbagi obyek wisata diatas, saat berkunjung ke candi tersebut.