Home » 10 Destinasi Wisata Instagramable di Trawas

10 Destinasi Wisata Instagramable di Trawas

10 Destinasi Wisata Instagramable di Trawas | Jika anda sedang travelling ke Jawa Timur, maka jangan lupa singgah sejenak ke kota Mojokerto. Salah satu daerahnya disana ada yang bernama Trawas. Trawas sendiri merupakan salah satu kecamatan di wilayah Mojokerto yang letaknya di kaki gunung Arjuno dan Penanggungan. Oleh sebab itu, udara di Trawas ini tergolong sejuk sehingga sangat nyaman untuk dikunjungi. Di kecamatan ini juga selalu ramai wisatawan karena memiliki potensi wisata yang cukup besar.

Coban Watu Ondo

Di Trawas, ada berbagai destinasi wisata dengan spot yang instagramable. Mulai dari wisata alam, hingga wisata sejarah peninggalan salah satu kerajaan terbesar di Indonesia, Majapahit. Akses jalan menuju wisata – wisata di sana pun sudah tergolong mudah karena pemerintah setempat cukup peduli pada potensi wisata Trawas.

Destinasi Wisata Instagramable di Trawas

  1. Coban Canggu

 Di list teratas, ada nama Coban Canggu. Salah satu air terjun di kaki gunung Welirang yang memiliki air yang sangat jernih dan tentunya segar. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 m sehingga membuatnya mempunyai pemandangan yang sangat eksotis. Cocok bagi anda yang sedang berburu foto – foto ala folk atau menyatu dengan alam.

Selain foto – foto, anda juga bisa menikmati segarnya air Coban Canggu yang murni langsung dari pegunungan. Di sekitar air terjun ini juga terdapat semacam pondok dengan bentuk yang menyerupai jamur yang unik. Di sana anda bisa sekedar duduk menikmati syahdunya suasana Coban Canggu.

Untuk fasilitasnya, di Coban Canggu sudah terdapat beberapa warung makanan dan juga toilet. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau.

Lokasi air terjun ini berada di Desa Padusan, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

  1. Air Terjun Coban Watu Ondo

 Masih dari air terjun, air terjun kali ini bernama Air Terjun Watu Ondo. Tak kalah eksotisnya dari Coban Canggu, Watu Ondo juga mempunyai pemandangan yang menakjubkan, terutama dari atas (dari jalan menuju Watu Ondo). Watu Ondo memiliki aliran air yang sangat deras dan terdapat dua aliran air terjun. Oleh karena itu air terjun ini juga sering disebut air terjun kembar.

Air terjun pertama tingginya 75 m sedangkan yang kedua 40 m. Bebatuan yang menangkap air di bawah menambah eksotisme air terjun Watu Ondo. Namun jalan menuju air terjun ini tidaklah mudah. Jalanan terjal menuntut kewaspadaan anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ada hal yang perlu diingat, saat menuju air terjun ini, di suatu titik anda bisa melihat Coban Watu Ondo dari jauh. Di tempat itu pemandangannya cukup indah dan jangan lupa untuk setidaknya mengambil satu hingga dua foto untuk menghiasi feed instagram anda.

Lokasi air terjun ini tidak jauh dari Coba Canggu, yakni di desa Pacet.

  1. Duyung Trawas Hill

 Bingung menentukan destinasi wisata keluarga yang asyik? Langsung saja ke Duyung Trawas Hill. Destinasi wisata yang berada di dataran tinggi ini sangat cocok untuk wisata bersama keluarga. Selain memiliki beberapa spot foto – foto keren, Duyung Trawas Hill juga terdapat banyak wahana dan fasilitas yang tergolong lengkap.

Di tempat ini, sudah dilengkapi dengan area outbound, mini zoo, kolam renang, playground, berbagai wahana permainan anak, area parkir luas, musholla, dan fasilitas – fasilitas pelengkap lain.

Untuk lokasinya, Duyung Trawas Hill berada di Desa Duyung, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto.

  1. Fresh Green Trawas

 Tempat wisata ini juga dikenal dengan nama Wisata Mendem Duren. Mendem dalam bahasa Jawa berarti mabuk. Sehingga bisa dikatakan di tempat ini anda bisa mabuk durian sepuasnya. Hal ini dikarenakan di Fresh Green Trawas ada bermacam – macam olahan durian segar dimana durian tersebut langsung di panen dari kebun di Fresh Green Trawas itu sendiri.

Jika ingin mengunjungi Fresh Green, pastikan anda mengunjunginya saat musim durian untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal.

Fresh Green Trawas ini terletak di Dusun Bantal, Desa Duyung, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

  1. Puncak Jengger

 Salah satu wisata yang sedang hits di Mojokerto ini memang banyak diburu oleh anak muda terutama yang hobi fotografi. View alami khas pegunungan membuat anda dengan mudah mendapatkan spot foto instagramable di sini. Namun untuk mencapainya, anda harus melewati jalanan curam berbatu dan sempit khas jalur pendakian. Hal ini wajar karena untuk mencapai spot foto terbaik, anda harus berjalan ke puncak dari bukit Jengger ini.

Bagi anda yang punya jiwa petualang, jangan lewatkan untuk mendaki ke Puncak Jengger yang berada di Desa Tawangrejo, Kec. Jatirejo, Kab. Mojokerto ini.

  1. Kolam Segaran

 Kolam Segaran merupakan kolam peninggalan zaman kerajaan Majapahit. Kolam dengan luas 375 x 175 m ini dulunya terpendam di dalam tanah. Selama 10 tahun sejak tahun 1974 kolam ini mengalami beberapa kali pemugaran. Adanya saluran keluar masuk air di kola mini membuat Segaran diduga digunakan sebagai waduk saat zaman kerajaan dulu.

Sama seperti kebanyakan waduk, di kolam segaran anda bisa berburu foto instagramable. Kolam Segaran ini sendiri terletak di Desa Trowulan, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto.

  1. Patung Budha Tidur Mahavihara Mojopahit

 Ingin melihat patung Budha tidur? Tidak perlu jauh – jauh ke Thailand, karena di Indonesia pun ada tepatnya di Jalan Raya Trowulan, Bejijong, Trowulan, Mojokerto. Patung Budha Tidur Mahavihara Mojopahit ini memang menjadi salah satu spot foto wajib ketika berkunjung ke Mojokerto. Dengan ukuran 22 x 6 x 4.5, patung ini digadang – gadang sebagai patung terbesar nomor 3 di dunia.

Selain patung raksasa Budah Tidur Mahavihara, anda juga bisa menemukan bangunan vihara dengan aroma dan bentuknya yang khas, ada juga miniature Candi Borobudur yang sangat terkenal.

  1. Pendakian Gunung Penanggungan

 Gunung Penanggungan merupakan gunung mati yang cukup terkenal bagi warga Mojokerto maupun Pasuruan. Orang – orang sering kali menyebutkan mini Semeru karena bisa dibilang Penanggungan memiliki banyak kesamaan dengan Semeru dari segi jalur pendakian.

Para pendaki pemula biasanya menggunakan gunung Penanggungan sebagai tempat ‘latihan’ sebelum melakukan pendakian sebenarnya ke gunung Semeru. Untuk ke tempat ini, anda hanya akan ditarik tiket masuk 10 ribu saja.

  1. Pemandian air panas Pacet

 Setelah lelah berkeliling Trawas dan Mojokerto, paling pas jika anda menuju pemandian air panas Pacet. Di sana anda bisa merilekskan diri sambil menikmati pemandangan indah di sekitar pemandian. Untuk sebuah pemandian air panas, tiket masuk pemandian ini tergolong cukup murah. Anda hanya cukup membayar 12,5 ribu rupiah saja.

  1. Blessing Hills

 Ingin mendapatkan spot foto berenang di kolam rooftop layaknya selebgram? Anda bisa melakukannya di Blessing Hills di Trawas. Kolam renang yang berada di ketinggian dengan background kemegahan gunung Arjuno sangat cocok untuk menghiasi feed instagram anda.

Jika anda hanya ingin renang saja tanpa menginap, tenang saja karena di sini anda bisa langsung berendang dengan hanya membayar 35 ribu untuk dewasa dan 10 ribu untuk anak – anak.